Rabu, 07 Desember 2016

Senam Kegel Cocok Untuk Pria Wanita Dan Ibu Hamil

Senam Kegel yakni suatu gerakan yang bertumpu pada otot adegan bawah badan menyerupai bawah rahim, kantong kemih dan juga usus besar. Hal ini bertujuan guna mengembalikan kekencangan otot panggul bawah sehingga menjadi tidak kendor meski habis melahirkan. Pada umumnya gerakan ini dilakukan oleh para kaum wanita, namuan seiring dengan perkembangan zaman, gerakan ini juga dilakukan kaum pria untuk menjaga vitalitas badan terhadap stamina.

Pada sejarahnya, senam kegel dikenalkan oleh seorang dokter berjulukan Dr. Arnold Kegel Henry pada tahun 1945. Beliau menuturkan bahwa melaksanakan senam kegel ini merupakan salah satu langkah melatih otot panggul tanpa harus melaksanakan pembedahan. Dengan begitu, Nama kegel diambil untuk senam ini dan mampu dikenal sampai sekarang guna melatih otot pada adegan sekitar alat reproduksi entah itu pada kaum wanita ataupun pria.
Senam Kegel Cocok Untuk Pria Wanita Dan Ibu Hamil
Bagaimana cara melaksanakan senam kegel?
Sebenarnya senam ini tidak membutuhkan tutorial khusus, sebab gerakan yang dilakukan sangatlah tidak rumit dan tidak butuh ruang yang lapang. Cukup sahabat lakukan didalam kamar mandi, dan sangat pas kalau dilakukan di pagi hari dikala berdiri tidur. Pertama sahabat harus paham dulu apa itu oto panggul, tipsnya sederhana, cukup keluarkan air seni kemudian tahan. Nah otot yang menahan tersebutlah yang disebut otot panggul. Sedangkan untuk cara melaksanakan kegel, sahabat mampu ikuti langkah berikut!
  1. Pertama sahabat keluarkan air kencing sedikit kemudian tahan, untuk langkah awal lakukan secara perlahan saja. Tahan sekitar 3 sampai lima detik gres dilepas lagi sedikit dan tahan lagi. Lakukan gerakan ini berulang sampai sekitar 5 kali kemudian yang terakhir mampu dituntaskan buang air kecilnya.
  2. Setelah kosong (tidak ada air seni lagi), tahan otot panggul dengan cara mengencangkan sekitar 5 detik kemudian lepas dan ulangi sampai 5 kali. Usahakan semua otot terfokus pada otot panggul tanpa menggunakan otot yang lain menyerupai otot perut.
  3. Lakukan gerakan ini secara rutin setiap hari biar otot panggul tetap kencang.
Kenapa harus melaksanakan senam Kegel?
Kadang kita mempunyai problem dengan otot yang satu ini. Dan problem tersebut biasa terjadi pada hal atau kejadian tidak terduga. Oleh sebab itu, kalau sahabat mengalami salah satu dari kejadian dibawah ini, ada baiknya kalau melaksanakan senam kegel.
  1. Otot melemah ketika mengontrol BAB.
  2. Otot lemah sehabis melahirkan, sangat umum terjadi bagi para wanita atau kaum ibu.
  3. Urine keluar secara tidak segaja pada dikala bersin, batuk, tertawa dan kaget.
Manfaat Senam Kegel :
  1. Bagi ibu yang sedang mengandung, senam kegel berkhasiat untuk menjaga elastisitas otot sehingga mampu mempermudah jalan persalinan dan memperlancar proses melahirkan.
  2. Bagi bunda yang sudah melahirkan, sangat besar lengan berkuasa dalam mengembalikan kekencangan otot pada organ kewanitaan.
  3. Bagi Pria, senam kegel mampu melatih otot guna mengontrol ejakulasi dini.
  4. Mampu mengurangi keluar urine secara tidak sengaja menyerupai yang sudah disebutkan diatas.
  5. Mencegah penyakit ambeien atau wasir (keuntungan ini sebab elastisitas otot yang mempermudah dalam pembuangan feses / BAB).
Mungkin itu saja artikel seputar cara dan manfaat senam kegel, mungkin dilain kesempatan kami akan melakuan update postingan terbaru yang tentunya masih terkait dengan senam kegel ini. Sobat mampu baca artikel terkait :
  1. 4 Gerakan Senam Hamil Yoga
  2. Kaki Bengkak Saat Hamil


EmoticonEmoticon