Senin, 12 Desember 2016

18 Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Siapa sangka bila hewan yang menjijikkan ini ternyata mempunyai manfaat serta khasiat yang cukup baik bagi badan kita. Bekicot (Nama Latin : Achatina fulica) dipercaya mampu menyembuhkan penyakit dan juga membantu dalam perawatan kecantikan. Makara bagi sebagian orang bekicot jadi makanan favorit yang kaya akan gizi.

Bekicot mempunyai habitat yang umum pada tempat-tempat basah. Seperti pada demam isu penghujan, hewan ini banyak ditemukan pada pohon pisang yang merupakan salah satu makanan bagi bekicot tersebut. Bagi masyarakat desa, biasanya bekicot ini dijadikan makanan ternak terutama cangkangnya biar pakan ternak cepat bertelur. Seperti ayam dan ternak bebek.
18 Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Sedangkan untuk menggunakan bekicot, kalangan masyarakat memanfaatkan daging dan lendirnya untuk dunia pengobatan. Daging untuk konsumsi menyerupai sate dan sedangkan lendirnya digunakan sebagai obat herbal yang mempunyai fungsi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Nah yang menjadi pertanyaan disini yaitu : Apa saja manfaat daging bekicot? Dan bagaimana cara mengolahnya? Jawaban dari pertanyaan ini sangatlah sederhana, dengan hanya mengkonsumsi dagingnya sebagai krengsengan atau sate, maka kita sudah mendapat manfaat menyerupai yang sudah diharapkan. Namun masih banyak alternatif yang mampu digunakan, salah satunya ialah sebagai olahan keripik yang melalui pengeringan terlebih dahulu.

Sebagian orang tidak suka mengkonsumsi bekicot sebab mereka tidak tahu akan kandungan nutrisi yang terdapat pada bekicot. Oleh sebab itu, berikut beberapa gizi dari bekicot : Asam Amino, Protein, Lemak, Kalsium, Fosfor, Dan Vitamin B Kompleks.

Kandungan gizi yang juga baik bagi kesehatan :

Manfaat Daging Dan Lendir Bekicot Untuk kesehatan :
  1. Selain mempunyai gizi yang tinggi, daging bekicot sangat ampuh untuk menyembuhkan kudis dan gatal-gatal serta penyakit kulit lainnya.
  2. Lendir bekicot mampu digunakan untuk mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka.
  3. Meringankan batuk yang juga disertai dahak (batuk kering maupun batuk berdahak).
  4. Mengobati penyakit asma serta gejala yang ditimbulkan menyerupai kesulitan dalam bernafas.
  5. Menyembuhkan sakit gigi dengan menggunakan lendir bekicot.
  6. Mengurangi radang (pembengkakan) pada selaput mata.
  7. Mengurangi gejala penyakit yang bekerjasama dengan gangguan jantung.
  8. Kandungan protein yang tinggi, daging bekicot sangat baik untuk pekembangan otot serta daya pikir otak.
  9. Mengobati penyakit yang berkaitan dengan liver dan hepatitis.
  10. Mencegah dan meringankan kejang-kejang.
  11. Mengurangi nyeri dan sakit pada gigi.
  12. Mengatasi gejala insomnia (penyakit susah tidur).
  13. Menormalkan detak jantung.
  14. Mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang dan gigi).
Manfaat Daging dan Lendir Bekicot Untuk kecantikan :
  1. Mengatasi keputihan.
  2. Mengurangi sakit pada ketika menstruasi.
  3. Menjaga kelembapan kulit sehingga tidak kering.
  4. Mengurangi garis halus dan mencegah penuaan dini.
Cara menggunakan untuk pengobatan, tidak butuh langkah yang begitu rumit. Dan beberapa rangkuman berikut mungkin mampu membantu dan menjadi tutorial resep herbal bekicot yang mampu sahabat ikuti.

Penggunaan pada sakit gigi :
Siapkan lendir dari bekicot secukupnya kemudian teteskan pada kapas dan sumbatkan pada gigi yang sakit. Biasanya sakit gigi sebab gigi berlubang sehingga mampu juga menyumbatkan kapas pada lubang gigi tersebut.

Penggunaan pada Luka :
Ambil 1 ekor bekicot kemudian basuh dengan air bersih. Potong pada episode ujung cangkang yang mengerucut (dikira-kira saja sekitar 1/2 sampai 1 cm). Tunggu sampai lendirnya keluar dilanjutkan dengan mengoleskan lendir tersebut pada luka sayatan (luka yang masih baru). Tinggal tunggu hinga kering.

Penggunaan pada TBC :
Siapkan 1 sdm makan lendir bekicot kemudian mampu dikonsumsi (diminum). Jika takut eneg atau jijik, sahabat mampu mencampur sedikit madu atau perasan jeruk nipis. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin 3x seminggu.

Demikian artikel mengenai 18 Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga mampu memiliki kegunaan bagi sahabat yang membutuhkan!


EmoticonEmoticon