Sabtu, 12 November 2016

Tips Dan Cara Mencegah Anak Terkena tipes

Penyakit tipes memang sudah umum dialami oleh kalangan remaja, belum dewasa maupun lansia. Oleh karena itu kita harus akil menyikapi dan mengambil langkah sempurna dalam menangani serta berjaga-jaga biar anak kita tidak terkena yang namanya penyakit tifus. Soalnya sudah tidak sedikit yang terkena dampak apalagi di trend penghujan yang sangat rawan terjangkit virus atau kuman melalui banjir dan lain-lainnya.

Tips Dan Cara Mencegah Anak Terkena tipes

Perlu diketahui, penyakit tipes atau yang lebih dikenal dengan Demam tifoid (typhoid) yaitu salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus atau basil berjulukan Salmonella Enterica tepatnya Salmobella Typhosa. Jenis basil ini mampu ditemukan diseluruh belahan dunia yang menyebar melalui makanan ataupun minuman yang tercemar oleh tinja (kotoran). Maka dari itu, menjaga kebersihan setelah buang air sangat ditegaskan khususnya adegan tangan yang mungkin saja tidak sengaja melaksanakan kontak pribadi dengan materi yang kita konsumsi.

Terkait Penyakit Anak : Obat Herbal Penurun Panas Demam Pada Bayi Dan Anak


Apa saja gejala penyakit tipes?
Ada aneka macam dampak yang mampu disebabkan oleh basil berbahaya ini. Beberapa nanah yang disebabkan diantaranya ialah :
  1. Kepala akan terasa pusing yang sangat jago ketika malam datang, dan sangat terasa pada adegan kepala belakang (bagian atas leher).
  2. Suhu tubuh naik drastis (demam) mulai dari sore dan memuncak sampai dini hari.
  3. Tubuh akan menggigil seiring dengan demam tinggi.
  4. Perut akan terasa sakit yang sangat melilit.
  5. Selera makan akan berkurang dan bahkan menghilang total.
  6. Kehilangan tenaga karena tubuh menjadi lemah.
  7. Denyut jantung akan lemah.
  8. Akan mencicipi nyeri otot dan sendi.
  9. Kadang juga akan muncul flek merah pada kulit.
  10. Dan susah buang air besar (konstipasi).
Bagaimana Cara biar tidak terjangkit tipes?
Melakukan sanitasi dan menjaga kebersihan yaitu kunci utama biar tidak mudah terserang tipes. Khususnya tangan yang melaksanakan kontak ketika kita membuang air (entah itu BAB ataupun buang air kecil). Sebab terjadinya penularan basil ini tidak melalui kontak hewan melainkan pribadi dari insan ke manusia. Maka dari itu, kita harus berhati-hati sebelum makan atau minum. Usahakan tangan sudah steril dan bersih dari kuman. Jika untuk anak-anak, ada baiknya secara rutin melaksanakan vaksinasi dengan cara imunisasi secara rutin biar sistem kekebalan tubuh anak tetap terjaga.

Bagaimana cara mengetahui bahwa anak terkena tipes?
Ada metode penegakan diagnosis yang dilakukan oleh dokter yang berjulukan Widal Test. Dengan uji laboratorium klinik maka akan diketahui secara pasti. Namun hasil tidak mampu secara langsung, tapi biasanya sudah tidak terdeteksi karena dokter sudah memberi anti-biotik yang menimbulkan hasil dari Widal Test akan negatif. Karena hasil lambat tersebut, alangkah baiknya bila kita berhati-hati dan melaksanakan pencegahan dari pada mengobati.

Bagaimana cara mengatasi dan merawat anak yang terkena tipes?
Efek atau dampak dari tifus atau tipes ini sangatlah berbahaya. Dari pemotongan usus sampai yang terparah juga mampu menimbulkan kematian. Obat yang biasanya diberikan oleh dokter diantaranya : anti-biotik, kloramfenikol, ampicilin, ciproloxacin, dan trimethoprim-sulfamethoxazole. Namun bila tidak dirawat, demam tipes mampu berlangsung selama kurang lebih tiga ahad atau bahkan sebulan lebih. Dampak maut (dari penyakit tifus yang tidak ditangani) terjadi antara 10% dan 30%.

Apa saja makakan yang baik untuk tipes?
Dikarenakan usus masih tipis, maka dianjurkan mengkonsumsi makanan yang halus dan lembut menyerupai bubur yang disaring, kemudian bertahap ke bubur lembek sebelum kembali normal.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan ialah meskipun suhu tubuh sudah turun dan terasa lebih segar, tidak mampu dipastikan bahwa anda sudah benar-benar sembuh. Karena selain menjaga contoh makan diatas, kita juga dituntut biar tidak bekerja terlalu berat biar usus tidak sobek dan demam kembali naik.

Jangan Lupa Baca : Ketahui Penyebab dan Cara Atasi Batuk Pada Anak Bayi Dan Balita


Demikianlah artikel singkat mengenai Tips Dan Cara Mencegah Anak Terkena tipes. Semoga apa yang kami tulis disini mampu membantu! Mohon Sharenya ya biar artikel ini juga berkhasiat buat yang lain. Terima kasih!


EmoticonEmoticon