Minggu, 30 Oktober 2016

8 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kembang Kertas Untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Kertas mungkin masih belum yang tahu. Padahal jikalau dipelajari lebih lanjut, kegunaan dan kebaikan bunga bugenvil ini sangatlah melimpah. Beberapa diantara khasiat bunga bugenvil atau kembang kertas diantaranya obat herbal untuk hepatitis, biang keringat, bisul, melancarkan haid, keputihan dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan serta pengetahuan, pada postingan kali ini kami akan mencoba untuk memperlihatkan informasi yang terkait dengan fungsi bunga bugenvil bagi kesehatan.

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kembang Kertas Untuk Kesehatan

Kembang kertas atau yang lebih dikenal dengan bugenvil merupakan tanaman berbunga yang mempunyai batang kecil sehingga sulit untuk tumbuh tegak sehingga kebanyakan menjalar atau merambat pada media lain disekitarnya. Dengan masih tergolong dalam penjabaran kerajaan plantae, kembang kertas mempunyai nama latin atau ilmiah dengan sebutan Bougainvillea Glabra. Keindahan bunganya yang berwarna-warni, banyak dari kalangan masyarakat menyebabkan bunga ini sebagai tanman hias yang ditanam pada halaman rumah, taman, dan juga tempat-tempat umum terbuka lainnya. Warna bunga juga bervariasi, mirip yang sangat umum terdapat pada lingkungan sekitar diantaranya jingga, merah menyala, merah jambu, kuning, ungu, putih, dan merah pucat.

Kenapa bugenvil disebut dengan bunga kertas? Nah jikalau dikutip dari beberapa sumber, bunga ini disebut dengan kembang kertas alasannya ialah seludang bunganya yang tipis dan mirip kertas. Karena bentuk bunga yang unik, banyak juga digunakan dalam hiasan penganten, rangkaian bunga, dan juga sebagai pewangi untuk mandi. Namun siapa sangka jikalau bunga yang berasal dari Amerika ini juga menyimpan kebaikan untuk kesehatan badan kita.

Apa saja kandungan senyawa pada bunga kertas?
Ada beberapa senyawa yang terkandung pada tanaman ini, zat tersebut diantaranya betanidin, isobetanidin, 6-o-P-Saphoroside, dan 6-o-Rhamnosysophoroside. Bunga ini mempunyai rasa yang sangat pahit dengan sifat farmakologisnya sebagai pelancar anutan darah. Sedangkan episode tanaman yang sering digunakan sebagai obat ialah pada episode batang dan bunga.

8 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kembang Kertas Untuk Kesehatan :
  1. Mempercepat penuaan bisul, dalam hal ini nanah akan lebih cepat renta dan sembuh.
  2. Bersifat pruritis yang mampu menyembuhkan gatal-gatal pada kulit.
  3. Membantu menyembuhkan biang keringat khususnya bagi anak-anak.
  4. Melancarkan haid atau menstruasi yang tidak teratur.
  5. Mengobati keputihan bagi kalangan ladies yang mempunyai duduk perkara dengan organ kewanitaan.
  6. Mencegah penggumpalan darah dan mengurangi nyeri pada dikala haid.
  7. Melancarkan sirkulasi atau peredaran darah, terkait juga untuk pencegahan hipertensi.
  8. Ramuan alami untuk menyembuhkan hepatitis (penyakit kuning).
Bagaimana Resep dan cara menggunakan kembang kertas untuk obat?
  • Bisul : Siapkan kembang kertas dan daun cocor angsa secukupnya. Cuci bersih kemudian ditumbuk sampai halus. Untuk menggunakan cukup dipakai sebagai obat tapal yang dibubuhkan pada area kulit yang terdapat bisul.
  • Hepatitis : Siapkan sekitar 15gr batang bugenvil, basuh dan rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa setengah. Saring dan minum setiap hari selagi hangat.
  • Keputihan : Sediakan 15gr kembang kertas, rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring dan minum 1x sehari.
  • Biang Keringat  dan gatal-gatal : Siapkan materi mirip bunga bugenvil, pengecap buaya dan daun sirih (masing-masing secukupnya). Rebus semua materi sampai mengental kemudian angkat dan diamkan sampai dingin. Saring dan oleskan pada area kulit yang ingin diobati.
  • Haid tidak teratur : Rebus 15gr bunga kertas dan 15gr umbi rumput teki dengan 2 gelas air sampai tersisa separuh. Saring dan minum 1x sehari secara rutin.
  • Nyeri haid dan darah menggumpal : Siapkan 15gr bunga bugenvil, 15gr bunga mawar, dan 70gr daging pengecap buaya. Rebus dengan 400cc air sampai tersisa 200cc. Minum 2x sehari masing-masing 100cc (setengah gelas).
Demikianlah ulasan mengenai 8 Manfaat Dan Khasiat Tanaman Kembang Kertas Untuk Kesehatan. Untuk info lain silahkan baca : Tumbuhan Sambang Darah Penghasil Biji Fibre Primvital Yang Baik Untuk Kesehatan. Jangan lupa dishare ya...! Terima kasih!


EmoticonEmoticon